Our Services

Smilestory Dental Clinic always aim to provide professional and patient-centered dental care.


Crown


before



crown preparation

crown insertion


Crown adalah restorasi yang menyelubungi gigi. Gigi yang memerlukan crown antara lain gigi yang sudah kehilangan banyak struktur karena karies atau patah, juga untuk gigi paska perawatan Root Canal Treatment yang sudah rapuh. Crown dapat mengubah bentuk dan warna gigi.

Berdasarkan bahannya crown terdiri dari berbagai jenis, di antaranya: Porcelain fused to metal crown) (PFM, All porcelain crown (Emax dan Zirconia), serta Metal crown.

Khusus untuk gigi yang sebelumnya telah dilakukan Root Canal Treatment, umumnya perlu dipasang pin/post ke saluran akar sebelum pembuatan crown agar restorasi lebih kuat.

Proses pembuatan crown membutuhkan 2-3 kunjungan. Pada kunjungan pertama gigi dipasang pin/post jika diperlukan kemudian dipreparasi. Setelahnya gigi dicetak dan dilakukan penentuan warna. Cetakan ini kemudian dikirim ke lab untuk dilakukan pembuatan crown permanen. Selama menunggu crown permanen jadi dibuatkan crown sementara untuk menutupi gigi yang telah dipreparasi. Pada kunjungan kedua crown yang telah jadi dicobakan dan direkatkan ke gigi. Umumnya pembuatan crown membutuhkan 2 kunjungan, namun bila dibutuhkan penyesuaian lebih lanjut, crown diperbaiki terlebih dahulu dan dicobakan kembali pada kunjungan berikutnya.

Emax crown termasuk tipe crown yang terbuat dari all porcelain. Jenis porcelain yang digunakan yaitu lithium disilicate. Dari segi estetika Emax crown memberikan hasil yang paling natural dan estetik sehingga seringkali disarankan untuk restorasi gigi depan.

Porcelain fused to metal crown atau sering pula disebut PFM crown, adalah crown yang bagian dalamnya terbuat dari metal, kemudian dilapisi dengan porcelain.

Zirconia crown juga termasuk tipe crown yang terbuat dari all porcelain. Zirconia bersifat sangat kuat, lebih kuat daripada Emax sehingga dapat digunakan pula untuk restorasi gigi belakang.

All-metal crown umumnya digunakan untuk restorasi gigi belakang yang tidak memerlukan tampilan estetik. Berdasarkan kekuatannya, metal crown merupakan yang terkuat dibandingkan crown jenis lainnya.